Bisnis

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign

Pksbandungkota – Berhenti dari pekerjaan Anda bukanlah keputusan untuk bermain-main. Bahkan sebelum mengajukan surat pengunduran diri, Anda pasti pernah melewati keraguan yang semakin membuat Anda mempertanyakan keputusan tersebut.

Itu harus seperti itu. Anda harus memikirkannya dengan sangat hati-hati agar tidak ada penyesalan di masa depan. Apakah Anda akan memutuskan apakah akan berhenti atau tidak, percayalah, ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan. Apa-apaan?

Jadi, pertimbangkan hal-hal berikut sebelum Anda memutuskan untuk menulis surat pengunduran diri. Harap baca beberapa pertimbangan dengan seksama agar Anda dapat mempertimbangkan kembali keinginan Anda sebelum meninggalkan pekerjaan Anda saat ini.

1. Temukan alasan yang logis

Apa yang membuat Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan Anda? Sebelum membuat keputusan untuk berhenti merokok, pikirkan kembali alasannya. Lebih baik jika alasan yang Anda miliki masuk akal.

Tekanan kerja yang berat bisa menjadi faktor. Bosan karena atasan sering menyalahkan Anda, atau rekan kerja yang sulit diajak bekerja sama, tak ayal sering mendorong karyawan untuk cepat-cepat meninggalkan mejanya.

Anda pasti sudah sering mendengar nasehat untuk tidak mengambil keputusan saat sedang emosi. Ini termasuk salah satunya. Pertama, batalkan niat Anda untuk meninggalkan perusahaan jika hanya didasarkan pada emosi. Apalagi jika masih bisa diubah, Anda mungkin ingin membuatnya bertahan lebih lama.

Masih tidak dapat menemukan alasan yang logis?

Jika demikian, jangan terburu-buru untuk mengirimkan surat pengunduran diri Anda. Ingat kembali bagaimana Anda harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Tunjangan selain gaji

Gaji merupakan faktor utama bagi setiap orang untuk bekerja. Termasuk Anda, Anda tentu ingin pekerjaan Anda dibayar dengan nominal upah yang sepadan, bukan? Namun, jangan berharap untuk berhenti hanya karena Anda tergoda oleh gaji yang lebih tinggi di tempat lain. Dibalik gaji yang bagus, tentunya ada tanggung jawab yang besar pula.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda siap dengan tekanan atau tuntutan pekerjaan? Bagaimana dengan pengalaman Anda, apakah Anda memenuhi syarat untuk posisi ini?

Selain nominal gaji, bandingkan juga tunjangan lain antara perusahaan Anda saat ini dengan tempat kerja Anda yang baru di masa depan, mulai dari asuransi, tunjangan hingga berbagai fasilitas.

Jarak antara tempat tinggal Anda dan kantor juga harus diperhitungkan. Nanti yang bayar malah di luar tarif.

Bahkan di lokasi baru, lingkungan belum tentu lebih nyaman daripada kantor Anda saat ini. Kenyamanan di tempat kerja sangat memengaruhi produktivitas Anda, jadi itu juga menjadi manfaat yang perlu diperhatikan sebelum berhenti, lho.

3. Apa rencana Anda untuk masa depan?

Jika Anda sangat bosan sehingga tidak betah di kantor, Anda akan langsung berpikir ingin berhenti dari pekerjaan Anda. Namun, pikirkan baik-baik sebelum membuat keputusan ini. Salah satunya, tentang rencana masa depan Anda. Bulan ini Anda berhenti, jadi apa selanjutnya?

Jangan terburu-buru untuk mengajukan surat pengunduran diri jika Anda tidak tahu apa yang akan Anda lakukan setelah itu. Apalagi jika Anda tidak memiliki pekerjaan baru, karena itu berarti Anda tidak memiliki penghasilan untuk sementara waktu.

Buatlah daftar rencana Anda untuk masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Anda ingin berbisnis, melanjutkan pendidikan, membeli properti, menulis apa pun rencana Anda sehingga Anda dapat memikirkannya saat mempertimbangkan untuk berhenti.

Lebih baik jika Anda tidak berniat untuk menyerah jika Anda tidak memiliki tujuan. Pertama-tama, nikmati pekerjaan yang ada, selesaikan dengan kemampuan terbaik Anda, tidak ada yang tahu bahwa karier Anda akan lebih cerah tahun ini.

4. Pengetahuan dan pengalaman

Bekerja bukan hanya cara untuk mendapatkan uang, tetapi juga cara untuk belajar. Pelajari bagaimana menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan dan juga menambahkan ide-ide baru dari pengalaman.

Sebelum memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pengetahuan dan pengalaman yang telah Anda peroleh.

Dengan pengalaman dan pengetahuan ini, bagaimana Anda berkontribusi pada bisnis? Apakah pencapaian Anda cukup untuk menghasilkan kemajuan, bahkan untuk diri Anda sendiri?

Meski banyak tekanan hingga Anda merasa bahwa berhenti adalah solusi, justru hal seperti inilah yang menempa Anda menjadi seorang profesional. Dari mereka yang tidak mengerti, untuk menjadi lebih ahli. Dulu kamu susah diatur, sekarang manajemen waktumu lebih baik.

Uang dapat diperoleh, tetapi pengetahuan tidak dapat dibeli, bukan?

5. Lama Kerja

Penting juga untuk mempertimbangkan berapa lama Anda telah bekerja di perusahaan saat ini. Khusus untuk karyawan baru, sebaiknya batalkan niat Anda untuk berhenti jika sudah bekerja kurang dari setahun.

Hal ini akan mempengaruhi CV Anda, yang tentunya juga akan mempengaruhi apakah Anda ingin melamar pekerjaan di tempat lain. Perekrut akan mempertanyakan pengalaman kerja Anda dan mungkin menganggapnya buruk karena mereka cepat bosan dan tidak tahan.

Apalagi di berbagai lowongan pekerjaan pun ada syarat tertulis bahwa Anda membutuhkan minimal dua tahun atau bahkan lima tahun pengalaman kerja. Jika dikaitkan dengan kesuksesan profesional yang telah Anda raih, lebih baik bertahan lebih lama.

Jika sudah waktunya bagi Anda untuk berhenti, Anda akan lebih dewasa dan profesional dengan semua pengalaman kerja yang Anda miliki.

Sumber:

Blitarkota

gaji kurir sicepat

Lakukan Hal Ini Agar Toko Kelontong Anda Dapat Berkembang

Lakukan Hal Ini Agar Toko Kelontong Anda Dapat Berkembang

Pksbandungkota – Pandemi Covid-19 telah menyeret perekonomian dan semua sektor kegiatan. Banyak pelaku ekonomi yang merasakan penurunan pendapatan akibat melemahnya daya beli masyarakat. Mempertahankan bisnis di tengah pandemi sebesar ini tentunya merupakan perjuangan yang sangat berat, sehingga memiliki strategi bisnis yang tepat di tengah pandemi sangat diperlukan.

Tidak hanya itu, pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah juga menjadi faktor utama merosotnya usaha atau bisnis. Adanya pembatasan aktivitas di luar rumah atau physical distancing tanpa disadari juga menimbulkan perubahan perilaku masyarakat terhadap pembelian dan pemilihan barang.

Salah satunya bekerja di toko kelontong. Dalam menghadapi pandemi yang tak kunjung usai ini, para pelaku bisnis kelontong harus tetap produktif untuk bertahan hidup di masa pandemi ini. Untuk itu diperlukan lebih banyak inovasi dan kreativitas untuk menjalankan bisnis supermarket di masa pandemi, seperti:

1. Menyediakan jasa pengiriman barang

Meski jarak toko dengan rumah pembeli cukup jauh, namun tetap perlu melayani pembeli tentunya dengan menentukan berapa radius kilometer barang yang bisa diantar. Dengan menawarkan layanan drop-shipping, pembeli lebih mudah berbelanja melalui telepon atau pesan instan tanpa harus mengunjungi toko. Harap sediakan juga minimal pembelanjaan agar biaya pengiriman tidak melebihi barang yang dikirim.

2. Terima pembayaran digital

Ini adalah era berbasis digital, jadi jika Anda menjalankan bisnis supermarket, tidak ada salahnya menyediakan transaksi pembayaran digital. Ada banyak fasilitas pembayaran digital yang dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan tanpa repot seperti QRIS, transfer dompet digital, transfer mobile banking.

Caranya dengan mendaftar di platform yang menyediakan pembayaran digital seperti Go-Pay atau e-commerce yang memiliki fungsi drop-off partner seperti Bukalapak. Dengan transisi ini, pelanggan juga akan merasa lebih nyaman berbelanja dengan pembayaran non tunai.

3. Desain toko yang lebih kreatif

Buat desain toko yang tidak terlihat seperti pada umumnya, misalnya dengan mendesain ruangan yang dicat warna-warni dengan warna-warna cerah sesuai selera saat ini. Mungkin juga menyediakan tempat berkumpul kecil untuk menikmati secangkir kopi.

Pastikan barang yang dijual tertata dengan baik dengan mengelompokkan produk menurut jenisnya, bukan hanya dengan menempatkan dan memperluasnya. Ada label harga pada setiap produk yang dijual. Jangan lupa untuk rutin membersihkan jendela toko dan toko dari debu agar pembeli merasa nyaman berbelanja.

4. Melayani sistem titip barang

Selain merapikan tata letak toko kelontong dan menawarkan produk yang berkualitas, tak ada salahnya menjaga sistem simpanan produk. Misalnya dengan bekerja sama dengan jasa laundry, cukup mengantar pakaian, mengambil dan mengantarkannya, Anda bisa mendapatkan keuntungan, apalagi jika Anda memiliki ruang kosong yang besar.

Tanpa mengeluarkan modal, Anda bisa mendapatkan uang, terutama jika ada lebih banyak simpanan di toko kelontong, peluang omsetnya pun lebih tinggi. Cara lain untuk mendapatkan uang untuk tambahan modal juga dengan memesan penjualan barang-barang seperti makanan olahan (jajanan pasar atau rim beras), pakaian, mainan anak-anak dan lain-lain. Untuk Anda yang belum tahu mengenai titip barang, baca artikel Apa itu jastip.

5. Dapat meretur barang

Sangat jarang toko kelontong berani membuat sistem pengembalian barang yang diterima oleh pembeli yang rusak. Dengan menerapkan sistem ini, toko kelontong menjadi lebih dapat dipercaya dan kredibel dan tidak heran pembeli menjadi pelanggan setia dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

Selain itu, pembeli akan merasa lebih aman dengan segala kualitas produk yang ditawarkan di toko. Penting untuk diketahui bahwa mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pembeli membutuhkan proses, tidak sesederhana membalikkan telapak tangan Anda.

Peluang Bisnis Setelah Lebaran Yang Potensial

Peluang Bisnis Setelah Lebaran Yang Potensial

Pksbandungkota – Ide membuka usaha bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Menjelang Ramadhan menjelang festival Idul Fitri berikutnya, ini adalah waktu terbaik untuk memulai aktivitas musiman Anda, seperti makanan, kue, pakaian Muslim, dan paket.

Menggoda? Seperti biasa, pada kenyataannya, permintaan masyarakat akan produk-produk tersebut meningkat pesat dibandingkan hari-hari biasanya. Tapi bagaimana jika Idul Fitri usai? Tentu saja kebiasaan masyarakat akan kembali normal.

Setelah Lebaran usai, saatnya mencari ide bisnis baru jangka panjang. Jika Anda berencana memulai bisnis setelah Ramadan, berikut 6 tips yang mungkin ingin Anda coba:

1. Makanan siap saji

Industri makanan tidak pernah berakhir karena setiap orang harus makan dan minum. Jadi, entah itu Ramadhan, Lebaran atau setelahnya, industri makanan atau kuliner tetap diminati. Fast food saat ini memenuhi berbagai mall, bahkan di sepanjang jalan atau biasa disebut street food.

Anda bisa mencoba makanan cepat saji, baik untuk makanan berat maupun camilan. Misalnya ayam goreng, hamburger, kebab dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencoba perusahaan kuliner lain seperti mie ayam, bakso, uduk kami, ayam geprek atau masih banyak lagi. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa mendaftar sebagai rekanan waralaba sebuah produk makanan atau minuman.

Untuk tujuan pemasaran, gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube sebagai sarana promosi. Anda juga dapat bergabung sebagai mitra UMKM dengan Transportasi Online, Go-Jek dan Grab. Jangan lupa untuk selalu berinovasi dalam penyajian menu agar tidak monoton dan aktivitas bisa bertahan lama.

2. Mainan

Usai Lebaran, biasanya muncul “OKB alias Orang Kaya Baru”. Siapa lagi selain anak-anak. Anak-anak yang masih bersekolah menerima banyak salam dari orang tua, paman, bibi, kakak laki-laki dan teman-teman lainnya.

Manfaatkan momen untuk membuka toko mainan. Cari tahu mainan mana yang sedang populer dan populer di kalangan anak-anak. Lengkapi tokonya dengan berbagai jenis mainan agar lebih variatif. Anda juga harus selalu memperbarui mainan terbaru. Jadi, jual produk tersebut secara offline atau online di internet atau e-commerce.

3. Suplemen yang menjaga daya tahan tubuh

Peluang bisnis lain yang perlu dipertimbangkan adalah penjualan suplemen kesehatan dan obat-obatan. Apalagi di musim yang tidak terduga atau dalam kondisi cuaca seperti saat ini, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dengan mengonsumsi suplemen.

Jika Anda ingin menjual suplemen kesehatan, pastikan Anda menjual suplemen berlabel halal dan memiliki persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar tidak ada masalah di kemudian hari. Periksa tanggal kedaluwarsa suplemen atau obat dengan hati-hati. Kalau bicara marketing, sekarang jamannya tidak hanya konvensional tapi juga online.

4. Produk pelangsing untuk tubuh

Adakah yang mengeluh berat badannya justru bertambah setelah Ramadhan dan Lebaran? Mungkin banyak orang yang mengalami hal yang sama. Saatnya melihat industri yang menjual produk pelangsing dan pelangsing untuk wanita.

Produk penurun berat badan, dalam bentuk obat-obatan, teh atau lainnya, juga dapat ditujukan untuk konsumen pria. Ingatlah bahwa Anda menjual produk BPOM bermerek halal, terdaftar dan berlisensi serta aman karena telah teruji secara klinis oleh instansi terkait di bidangnya masing-masing.

5. Oleh-oleh

Liburan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini, termasuk generasi milenial. Jika Anda sedang berlibur, Anda jarang membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau untuk teman-teman di kantor. Peluang bisnis yang menguntungkan untuk memulai bisnis suvenir lokal.

Tentunya warung-warung yang menjual oleh-oleh daerah harus sangat strategis misalnya kawasan wisata, jalur pulang yang ditempati kendaraan yang lalu lalang dan pengunjung.

6. Katering

Bagi Anda yang gemar memasak, tidak ada salahnya memulai bisnis restoran. Anda bisa menyasar karyawan perusahaan yang masih kesulitan mencari makan karena kios makanan masih tutup setelah lebaran. Anda bisa menerima pesanan dari orang-orang terdekat Anda, seperti teman, kerabat, dan kenalan.

Jika sudah memiliki channel yang luas, Anda bisa bekerja sama sebentar untuk menyediakan bekal makan siang bagi para karyawan. Anda bisa memulai bisnis restoran ini dari masakan rumahan dengan modal kecil.

Referensi:

Maxmanroe

Cara Jualan Yang Benar Agar Banjir Orderan

Cara Jualan Yang Benar Agar Banjir Orderan

Pksbandungkota – Tiap pebisnis ataupun pelakon usaha nyatanya mau jualannya laris manis di pasaran offline serta pula online. Tidak hanya mencermati mutu produk yang dipakai, penjual pula butuh menetapkan harga jual yang sebanding dengan produk ataupun jasa yang dijual.

Jangan heran, bila tidak sedikit penjual yang mempunyai produk ataupun jasa jualan yang sama. Walhasil, sesama penjual silih perang harga ataupun menjual murah supaya pelanggan tidak pindah ke toko lain serta produk yang dijual senantiasa laku di pasaran. Sementara itu, harga murah pada produk ataupun jasa juga belum pasti laku di pasaran.

Keadaan perang harga semacam ini pastinya hendak membuat kalian pusing serta serba salah. Jika harga tidak diturunkan, pelanggan dapat lari ke toko. Hendak namun, jika harga diturunkan keuntungan dapat terpotong sekian persen. Bila perang harga ini tidak lekas diatasi, dapat saja kalian menyerah serta bisnis bangkrut begitu saja.

1. Pahami Kemauan Customer

Sampai saat ini ini masih banyak pebisnis yang mempunyai pemikiran“ jual produk apa saja yang berarti biayanya murah jauh dari pasaran, tentu jualannya laris manis semacam kacang goreng”. Perihal tersebut ialah mindset bisnis yang salah serta butuh diganti. Kalian wajib memikirkan serta pahami apa saja yang di idamkan dari customer.

Bukan cuma harga yang cocok dengan produk serta terjangkau dikantong saja, hendak namun pelanggan pula mau produk yang mereka beli mempunyai mutu yang oke. Tidak hanya itu, lengkapi bisnismu dengan pelayanan yang terbaik, mulai dari jam operasional, karyawan yang ramah, pengemasan produk yang apik, pengiriman produk yang kilat serta sebagainya.

Bila bisnismu telah mempunyai paket komplit mulai dari harga, mutu serta pelayanan, hingga yakin serta yakinlah pelanggan hendak terus kembali ke tokomu buat membeli serta nyatanya kalian pula hendak mempunyai kesempatan yang besar buat memperoleh pelanggan baru.

2. Tidak berubah-ubah Harga serta Fokus dengan Target

Bila terdapat toko lain yang menjatuhkan harga demi laris manis di pasaran, yakinkan tahan egomu buat tidak ikut- ikutan merendahkan harga pula. Hendaknya, tidak berubah- ubah dengan harga yang sudah kalian tetapkan semenjak dini.

Terkadang, penjual yang kerap memainkan harga produk pula dapat berakibat kurang baik pada penjualan. Dapat saja, membuat pembeli jadi bimbang serta kesimpulannya tidak jadi beli. Walhasil, bukan untung malah buntung.

Tidak hanya itu, kalian pula butuh fokus pada sasaran market kalian saja. Misal, kalian menjual kaos laki- laki serta perempuan rentang umur 20- 30 tahun dengan harga Rp30 ribu– Rp50 ribu. Bila terdapat toko lain yang menjual kaos dibawah harga jual kalian, tidak butuh takut. Bisa jadi bahan yang dipakai berbeda, kualitasnya standar ataupun sasaran pasarnya berbeda.

3. Seleksi Produk yang Harga Jualnya Aman

Bila kalian baru saja mau melaksanakan usaha serta tidak ingin pusing dengan produk yang perang harga, tidak terdapat salahnya kalian memilah produk ataupun jasa yang harga jualnya nyaman di pasaran.

4. Upgrade Strategi Jualan

Perkenankan kompetitor lain perang harga, tetapi kalian jangan! Terdapat cara lain supaya kalian memperoleh bajir orderan masing- masing hari, ialah upgrade strategi jualanmu.

Saat sebelum menyusun strategi baru, hendaknya kalian butuh memandang serta mengecek kembali strategi pemasaran semacam apa yang telah kalian terapkan lebih dahulu. Setelah itu seleksi strategi yang butuh dihilangkan ataupun diganti ke yang baru, ataupun strategi yang masih efisien serta dapat dijalankan.

Sehabis itu, jalani studi kecil-kecilan pada brand-brand yang telah mempunyai nama panggung di warga. Pahami gimana mereka mempromosikan produk. Nah, kalian dapat meniru serta modifikasi strateginya, setelah itu praktikan pada bisnismu. Kamu juga dapat menggunakan jasa backlink terbaik sebagai strategi jualan kamu melalui website.

10 Fungsi Berinvestasi dan Tipsnya

10 Fungsi Berinvestasi dan Tipsnya

Pksbandungkota – Tren investasi sudah mulai terasa sekarang. Banyak orang mulai berinvestasi lebih awal untuk mendapatkan keuntungan. Secara langsung, fungsi investasi yang bisa Anda rasakan adalah evolusi nilai uang di masa depan.

 

Selain itu, uang yang Anda investasikan juga dapat memutar roda perekonomian negara. Secara tidak langsung, Anda akan membantu lebih banyak orang mendapatkan lebih banyak manfaat. Lalu apa saja fitur investasi yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan nomor referensi di bawah ini!

 

Fungsi investasi keuangan

Secara finansial, investasi memiliki banyak fungsi bagi Anda dan kesehatan finansial Anda. Inilah fungsi investasi yang perlu Anda ketahui!

 

  1. Meningkatkan kekayaan

Berinvestasi adalah cara untuk meningkatkan sumber daya yang Anda miliki saat ini. Dengan kata lain, kekayaan Anda bisa bertambah nantinya. menginvestasikan. Peningkatan kekayaan investasi dapat diperoleh dari peningkatan nilai atau bonus lainnya. Namun, Anda tetap harus disiplin dan teratur untuk mengalaminya.

 

  1. Perencanaan keuangan

Diperlukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik. Ini akan menyelamatkan Anda dari hutang dan kebangkrutan. Di sinilah fungsi investasi berperan dalam membantu keuangan Anda. Selalu mencadangkan jumlah yang tepat untuk diinvestasikan.

 

  1. Hindari inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi setiap tahun. Artinya, nilai uang yang Anda miliki sekarang mungkin akan menurun selama 2-3 tahun ke depan. Nah, untuk mengalahkan inflasi, Anda perlu berinvestasi. Hal ini karena investasi tersebut berpotensi untuk kembali di atas tingkat inflasi.

 

  1. Sebagai dana darurat

Dana darurat menjadi elemen penting yang harus dimiliki setiap orang, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Anda harus menyisihkan sejumlah uang untuk dana darurat. Anda bisa menyisihkan dana darurat menggunakan reksa dana.

 

  1. Mencegah hutang konsumen

Salah satu ketakutan di bidang keuangan adalah utang. Nah, memanfaatkan investasi juga bisa menghindarkan Anda dari utang yang berlebihan. Alih-alih berutang, Anda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu dari investasi. Setelah Anda mengumpulkan dana, Anda dapat membeli tanpa berhutang.

 

  1. Sebagai penghasilan tambahan

Menggunakan saham sebagai alat investasi juga membuka peluang penghasilan tambahan. Setiap perusahaan akan memberikan dividen kepada pemegang saham setiap tahunnya. Semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin banyak dividen yang akan Anda dapatkan.

 

  1. Amankan penghasilan bulanan

Anda tidak dapat menghabiskan semua pendapatan rutin yang Anda peroleh setiap bulan. Menghabiskannya hanya akan membuat Anda merasa kekurangan sepanjang waktu. Fungsi investasi juga memungkinkan Anda menghemat biaya konsumsi bulanan. Jadi masih ada sesuatu yang bisa digunakan untuk keperluan di masa depan.

 

  1. Rencana tabungan jangka panjang

Investasi juga bisa dijadikan tabungan jangka panjang untuk impian Anda. Banyak orang menggunakan kendaraan investasi untuk mengumpulkan uang untuk menikah, melanjutkan pendidikan, atau membeli rumah. Tentukan sendiri jumlah dan durasi investasi Anda.

 

  1. Sebagai dana pensiun

Dalam jangka panjang, investasi tersebut dapat digunakan sebagai dana pensiun di kemudian hari. Anda yang ingin lebih santai saat memasuki masa pensiun tentunya perlu berinvestasi lebih banyak. Ketika Anda memiliki dana pensiun yang cukup, Anda tidak perlu merepotkan orang lain.

 

  1. Dapatkan kebebasan finansial

Setiap orang ingin mendapatkan kebebasan finansial dalam hidupnya. Selain bekerja keras, Anda juga perlu disiplin dalam berinvestasi. Anda juga perlu menjalani gaya hidup hemat dan tidak berlebihan. Jalur ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan kebebasan finansial dalam waktu yang lebih cepat.

 

Tips sukses investasi

Anda dapat menghindari risiko investasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

  1. Disiplin investasi

 

  1. Gunakan uang tambahan dari penghasilan

 

  1. Tidak ada hutang investasi

 

  1. Investasikan jumlah sesuai kemampuan Anda

 

  1. Tentukan sarana investasi yang tepat

 

  1. Tentukan tujuan investasi Anda

 

  1. Tentukan periode investasi

 

  1. Jangan terburu-buru untuk berinvestasi

 

  1. Jangan berinvestasi dengan cara yang spekulatif

 

  1. Mengetahui profil risiko masing-masing instrumen investasi

 

  1. Selalu up to date dengan belajar tentang investasi