Panduan Menggunakan 1inch untuk Mengoptimalkan Trading DeFi

1inch adalah platform aggregator DeFi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan perdagangan dengan efisiensi maksimal. Dengan menggunakan teknologi pemecahan likuiditas, 1inch secara otomatis mencari jalur perdagangan terbaik di berbagai protokol DeFi untuk memberikan harga terbaik kepada pengguna.

Langkah 1: Memahami Konsep Aggregator 1inch

Sebagai aggregator, 1inch mengintegrasikan likuiditas dari berbagai bursa terdesentralisasi seperti Uniswap, SushiSwap, Curve, dan banyak lagi. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan harga yang lebih baik daripada hanya menggunakan satu bursa.

Langkah 2: Membuka Akun 1inch

Untuk memulai menggunakan 1inch, pengguna dapat mengunjungi situs web resmi atau menggunakan aplikasi seluler 1inch. Proses pendaftaran sederhana dan tidak memerlukan KYC (Know Your Customer).

Langkah 3: Menavigasi Antarmuka 1inch

Antarmuka 1inch dirancang agar mudah dipahami. Pengguna dapat memilih token yang ingin mereka jual dan token yang ingin mereka beli. Platform ini menampilkan pilihan dengan estimasi harga dan biaya gas yang diperlukan untuk transaksi.

Langkah 4: Memilih Jalur Perdagangan

Setelah memasukkan detail transaksi, 1inch akan secara otomatis mencari jalur perdagangan terbaik. Ini termasuk mempertimbangkan biaya gas, harga token, dan likuiditas dari berbagai protokol DeFi.

Langkah 5: Konfirmasi dan Eksekusi

Setelah memilih jalur perdagangan yang diinginkan, pengguna dapat mengonfirmasi transaksi mereka. 1inch akan menunjukkan rincian transaksi termasuk estimasi waktu pelaksanaan dan biaya total.

Kelebihan Menggunakan 1inch

1. Penghematan Biaya: Dengan mencari jalur perdagangan terbaik, 1inch dapat mengurangi biaya perdagangan secara signifikan.

2. Kemudahan Penggunaan: Antarmuka intuitif membuatnya mudah digunakan bahkan oleh pemula.

3. Optimalisasi Harga: Menggunakan banyak bursa untuk perdagangan memastikan bahwa pengguna mendapatkan harga yang paling menguntungkan.

Risiko dan Pertimbangan

1. Biaya Gas: Transaksi di jaringan Ethereum sering kali melibatkan biaya gas yang tinggi tergantung pada kondisi jaringan.

2. Eksekusi Transaksi: Meskipun 1inch berusaha untuk menemukan jalur perdagangan terbaik, eksekusi transaksi tergantung pada likuiditas yang tersedia di saat itu.

Kesimpulan

1inch adalah alat yang powerful untuk mengoptimalkan perdagangan DeFi dengan cara yang aman dan efisien. Dengan memanfaatkan aggregator likuiditas, pengguna dapat meningkatkan hasil perdagangan mereka dan menghemat biaya transaksi. Namun demikian, penting untuk selalu mempertimbangkan risiko dan biaya terkait ketika menggunakan platform ini.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan siap untuk memulai menggunakan 1inch dan memanfaatkan semua fitur yang ditawarkannya dalam perdagangan DeFi Anda.

Sumber:

Akademicrypto